Alat Ukur Suhu Untuk Ruangan Produksi

Alat Ukur Suhu Untuk Ruangan Produksi

Dalam industri, terdapat satu ruangan yang disebut bersama dengan ruangan produksi. area Produksi adalah sebuah ruangan yang disiapkan secara spesifik untuk memproduksi barang. Ruangan memproduksi mempunyai syarat spesifik seperti ruangan yang steril agar barang yang telah melewati proses memproduksi mempunyai kualitas bersih dan steril. Desain dan tata letak area wajib dibuat sedemikian rupa agar mampu mengecilkan efek terjadinya kekeliruan produksi, pencemaran barang dan kekeliruan lainnya yang mampu mengganggu proses produksi.



Ruangan memproduksi mempunyai bermacam macam wujud dan jenisnya, tetapi yang paling lazim adalah area memproduksi biasa dan area memproduksi steril. area memproduksi steril berlainan bersama dengan ruangan memproduksi yang biasa. Pada ruangan memproduksi steril, tersedia berberapa parameter yang wajib diukur dan tetap dipantau agar barang yang diproduksi tidak rusak. Seperti suhu dan kelembapan serta tersedia terhitung yang wajib hampa udara dan tidak boleh dimasuki oleh orang (seperti harddisk). 

Ruang memproduksi steril mempunyai berberapa parameter atau syarat yang wajib dipenuhi, pada lain:
- Ruangan memproduksi steril bebas mikroorganisme aktif, udara di di dalam ruangan wajib disaring bersama dengan HEPA filter agar ruangan steril di udara bebas berasal dari mikroorganisme dan partikel.
- Ruangan memproduksi steril wajib tersedia batasan kontaminasi partikel
- Ruangan memproduksi steril wajib mempunyai tekanan udara positif, yakni tekanan udara di di dalam ruangan lebih besar daripada udara di luar ruangan, agar udara yang tersedia di dalam ruangan mampu mengalir nampak ke luar ruangan (udara kotor keluar).
- Ruangan memproduksi steril minimal terbagi tiga area, yakni daerah bersih (white area), intermediate daerah (grey area), dan daerah kotor (black area).
- Ruangan memproduksi steril wajib tetap dipantau keadaan perubahan lingkungannya agar mampu kualitas product yang dihasilkan mampu terjaga bersama dengan baik.

Dalam memantau keadaan di dalam ruangan memproduksi steril, seseorang tidak mampu masuk begitu saja ke ruangan tersebut. Terkadang sebelum masuk ke di dalam ruangan memproduksi steril wajib memakai pakaian spesifik bahkan ruangan tersebut tidak boleh dimasuki sepanjang jaman produksi. Oleh sebab itu, pemantauan tidak mampu dilaksanakan secara segera dan wajib gunakan alat spesifik untuk memantau ruangan, seperti kamera cctv dan alat ukur seperti alat ukur suhu dan kelembapan ruangan.

Alat ukur suhu ruangan adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur suhu ruangan baik ruangan di dalam (indoor) maupun ruangan luar (outdoor). Alat ukur suhu ruangan memproduksi berlainan bersama dengan alat ukur suhu ruangan biasa. Jika alat ukur suhu ruangan biasa cuma digunakan untuk menampilkan suhu ruangan saja, alat ukur suhu ruangan memproduksi mampu mengukur, menampilkan dan menyimpan information berasal dari suhu ruangan produksi. Hal ini penting agar setiap perubahan suhu di dalam area memproduksi mampu dipantau dan dijaga demi kualitas barang yang di produksi.

Salah satu alat ukur suhu ruangan yang mampu digunakan untuk area memproduksi steril adalah External Temp/RH Data Logger - HOBO - UX100-023. Alat ukur suhu HOBO UX100-023 merekam suhu di ruangan indoor bersama dengan sensor yang terintegrasi. HOBO UX100-023 berupa kecil tetapi mampu merekam information di dalam jumlah besar, hal ini sebab alat ini mempunyai kapasitas memori yang besar. Dengan begitu, suhu di di dalam ruangan memproduksi mampu dipantau secara konsisten dan datanya mampu digunakan untuk kontrol berkala atau analisis. Selain suhu, alat ukur suhu HOBO UX100-023 mampu mengukur kelembaban.

Untuk keterangan lebih lanjut seputar HOBO UX100-023 Temperature Data Logger, anda mampu mendatangi halaman teliti Temperature Data.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »