Mengenal Stasiun Cuaca Meteorologi dan Alat Kerjanya

Mengenal Stasiun Cuaca Meteorologi dan Alat Kerjanya


Stasiun Cuaca Meteorologi adalah sebuah alat atau instrumen yang digunakan untuk pengamatan lingkungan, cuaca, dan atmosfir secara tetap menerus. Stasiun cuaca meteorologi paling tidak mengamati keadaan cuaca selama satu hingga tiga bulan sehingga didapatkan gambaran umum perihal cuaca secara akurat.


Penggunaan stasiun cuaca meteorologi punya berberapa syarat sehingga hasil yang didapatkan sanggup makin akurat, yaitu:
1. Penempatan stasiun cuaca kudu berada di daerah yang luas.
2. Masing-masing alat kudu sanggup beri tambahan hasil pengukuran cuaca cocok dengan parameter yang ditentukan secara tepat, akura, sederhana, kuat dan tidak mudah rusak dan juga mudah dalam pemanfaatan dan perawatan.
3. Pengamat kudu sanggup dipercaya, cekatan dan terlatih.

Untuk penempatan stasiun meteorologi terdapat berberapa syarat yang kudu dipenuhi, antara lain:
1. Diletakkan di daerah yang luas tanpa rumput yang tinggi / apa-pun yang halangi stasiun cuaca.
2. Tidak ada jalur raya di sekitar / dekat dengan stasiun cuaca.
3. Harus di letakkan ditanah yang datar.
4. Bebas atau jauh berasal dari bangunan dan pohon-pohon besar.

Sebenarnya ada satu syarat lagi, yakni letak stasiun yang tidak terlalu jauh dengan pengamat. Namun, sebab kala ini udah ada stasiun cuaca yang sanggup dipantau melalui internet atau WiFi seperti stasiun cuaca ini, maka syarat paling akhir ini tidak dibutuhkan lagi.
Parameter yang diukur oleh stasiun cuaca meteorlogi umumnya adalah suhu, kelembaban udara, curah hujan, intensitas cahaya matahari, kecepatan dan arah angin. Untuk mengukur parameter ini, digunakan alat pengukur berdasarkan parameter yang dambakan diukur. Untuk memantau perubahan suhu udara, digunakan alat pengukur suhu yang disebut dengan Termometer. Untuk mengukur suhu dan kelembaban, digunakan dua macam alat pengukur yakni Termohigrograf dan Termohigrometer.

Untuk mengukur intensitas cahaya matahari, digunakan dua macam alat yakni solarimeter jenis Compbell-Stokes dan Solarimeter jenis Yordan sedangkan untuk mengukur radiasi matahari digunakan alat yang bernama Actinograf Dwi-Logam di mana alat ini bekerja dengan komitmen beda muai logam hitam dan putih. Terakhir, untuk mengukur kecepatan angin sanggup gunakan Anemometer.

Jika mengamati semua parameter diatas dengan semua alat diatas, maka dapat menyusahkan sebab kudu membawa banyak alat dan cukup memakan kala dalam instalasi maupun mempelajari alatnya. Oleh sebab itu, kita menyarankan gunakan RX3000 Weather Station berasal dari Onset. Weather station atau stasiun cuaca ini sanggup lakukan pengukuran untuk parameter diatas secara sekaligus dan sanggup digunakan dalam jarak yang jauh sehingga tidak kudu dipantau berasal dari dekat secara sekaligus. Untuk memahami lebih lanjut perihal produk weather station berasal dari kami, silahkan menuju halaman produk Weather Station.

Begitulah penjelasan perihal alat ukur cuaca, semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih udah mendatangi website kami.

Jika Anda tertarik kita menjual alat pengukur cuaca, Kami terhitung sanggup meng-instalasi alat Stasiun Cuaca dan beri tambahan demo-penjelasan kegunaan yang lebih lengkap kepada Anda, kalau berminat hubungi kita disini.

Kantor          : Jl. Radin Inten II No. 62, Duren Sawit Jakarta 13440
Email            : sales@alatuji.com
Phone           : 0816 1740 8925
Phone           : (021) 8690 6777
Fax                : (021) 8690 6770
Whatsapp     : 0812 8006 9024
Whatsapp     : 0812 9595 7914
  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »