Berbagai Jenis Alat Pengamatan Cuaca dan Pengukuran Cuaca

Berbagai Jenis Alat Pengamatan Cuaca dan Pengukuran Cuaca


Cuaca adalah fenomena yang berlangsung di di dalam atmosfir bumi atau planet lainnya yang bisa memengaruhi mengisi bumi atau planet. Fenomena cuaca berlangsung di dalam waktu yang pendek, bisa berjam-jam hingga berberapa hari. Cuaca berlangsung gara-gara kelembapan dan suhu yang berbeda disetiap tempat dibumi. Selain itu, angin matahari dari luar angkasa juga bisa memengaruhi cuaca di di dalam bumi.


Cuaca bisa dilihat bersama kasat mata. Namun, untuk mendapatkan knowledge yang mendetail tentang cuaca, diperlukan alat pengamatan dan pengukuran yang bisa memantau cuaca. Alat-alat tersebut mengamati dan mengukur parameter-parameter yang bisa memengaruhi cuaca, layaknya suhu, kelembaban, arah angin, kecepatan angin, sinar matahari dan juga curah hujan disuatu tempat. Alat-alat tersebut mempunyai nama dan manfaat nya masing-masing, yaitu:

1. Anemometer

Anemometer adalah alat pengukuran yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin. Alat ini biasanya terkandung di dalam stasiun cuaca Meteorologi dan Geofisika. Fungsi utama dari anemometer adalah untuk mengukur kecepatan angin, tekanan angin, dan juga bisa mengukur tinggi gelombang laut. Anemometer ditaruh di lapangan terbuka pada tempat yang tinggi. Ketika angin menghembus, maka anemometer akan bekerja lantas mencatat kecepatan dan arah angin yang menghembus anemometer.

2. Termometer

Termometer adalah alat pengukuran yang digunakan untuk mengukur suhu (temperature) atau perubahan suhu. Termometer punya banyak prinsip kerja, tetapi yang paling lazim adalah prinsip air raksa. Prinsip air raksa sering digunakan di dalam termometer batang. Jika cuaca di dalam suasana hangat, maka air raksa akan memuai agar akan mengisi ke arah atas dan jikalau suasana cuaca di dalam suasana dingin, maka air raksa akan mengerut. Termometer punya pencatat otomatis yang dinamakan termograf.

3. Higrometer

Higrometer adalah alat pengukuran yang digunakan untuk mengukur kelembapan hawa di suatu wilayah. Higrometer punya banyak jenis dan salah satunya adalah higrometer rambut. Higrometer rambut bekerja bersama pakai rambut manusia. Rambut manusia mempunyai karakter yang jika ditaruh di hawa yang basah, maka rambut akan memanjang dan jikalau ditaruh di hawa yang kering, maka rambut akan memendek. Higrometer rambut akan mengukur kelembapan dari perubahan panjang-pendek rambut bersama pakai skala.

4. pH Meter

pH Meter adalah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu cairan. Saat ini, mayoritas alat pH meter berjenis digital. pH Meter digital mempunyai elektroda tertentu yang bisa mengukur bahan semi padat. Selain itu, elektroda pada pH meter terhubung ke alat elektronik yang mengukur dan menampilkan nilai pH.

5. Fluviograf

Fluviogaf adalah alat pengukur curah hujan. Alat ini ditaruh pada lapangan terbuka agar air hujan yang jatuh tidak terhalangi oleh benda apapun. Air hujan dimasukkan kedalan corong dan ditampung di dalam area tertutup agar tidak menguap, seterusnya air hujan diukur bersama pakai gelas ukur agar bisa diketahui besaran curah hujan. Satuan untuk pengukuran curah hujan dinyatakan di dalam milimeter (mm).

Banyaknya parameter diatas untuk mendapatkan knowledge pengukuran cuaca mengakibatkan kami perlu mempunyai banyak alat-alat diatas agar sedikit kerepotan dan tentu tidak fleksibel. Selain itu, banyaknya alat-alat diatas mengakibatkan kami perlu mengukur parameter secara satu persatu agar memakan banyak waktu dan tidak efisien. Oleh gara-gara itu, dibuatlah alat yang bisa mengukur parameter diatas secara bersamaan dan alat itu bernama Stasiun Cuaca (Weather Station).


 

Stasiun Cuaca adalah seperangkat alat yang bisa berguna sebagai alat pengamatan cuaca dan alat pengukuran cuaca sekaligus. Alat ini bisa mengamati perubahan cuaca dan merekamnya ke di dalam knowledge logger, lantas alat tersebut bisa mengukur dan menampilkan knowledge berupa grafik atau log di grafik. Weather station bisa mengukur parameter cuaca layaknya kelembaban, kecepatan dan arah angin dan juga curah hujan. Untuk Info lebih lanjut tentang weather station, kamu bisa mengujungi halaman product Weather Station.

Begitulah penjelasan tentang alat ukur cuaca, semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih udah mengunjungi web kami.

Jika Anda tertarik kami menjajakan alat pengukur cuaca, Kami juga bisa meng-instalasi alat Stasiun Cuaca dan beri tambahan demo-penjelasan manfaat yang lebih lengkap kepada Anda, jikalau berminat hubungi kami disini.

Kantor          : Jl. Radin Inten II No. 62, Duren Sawit Jakarta 13440
Email            : sales@alatuji.com
Phone           : 0816 1740 8925
Phone           : (021) 8690 6777
Fax                : (021) 8690 6770
Whatsapp     : 0812 8006 9024
Whatsapp     : 0812 9595 7914
 

 

 

 

 

  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »