Macam-Macam Alat Ukur Dan Fungsinya Dengan Gambar

Macam-Macam Alat Ukur Dan Fungsinya Dengan Gambar


Sekarang ini, cuaca dan iklim telah sanggup diukur dan diprediksi. Pengukuran cuaca sering dikerjakan untuk memprediksi tanaman apa yang cocok ditanam sementara ini sampai sementara mendatang atau digunakan didalam pengukuran iklim untuk memilih masa depan lingkungan bumi sendiri. Berbagai alat pengukur cuaca dan iklim telah diciptakan sehingga memudahkan pengukuran cuaca dan iklim. Berikut ini adalah macam-macam alat pengukur cuaca dan iklim dengan kegunaan dan contoh gambar.


1. Pengukur angin (wind meter)

Wind meter adalah tidak benar satu alat pengukur cuaca yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin dan arah angin. Untuk memilih arah angin sanggup memanfaatkan kantong angin dan untuk memilih kecepatan angin sanggup memanfaatkan kincir atau sensor angin. sensor angin digunakan untuk memprediksi arah penguapan air atau mengerti lokasi yang terkandung badai disuatu tempat.


2. Higrometer

Higrometer adalah alat pengukur cuaca yang digunakan untuk mengukur kelembaban disuatu wilayah. Higrometer mempunyai dua jenis, yaitu analog dan digital. Untuk higrometer analog memanfaatkan penunjuk angka tetapi digital berbentuk alat yang sanggup menampilkan hasil pengukuran dan mencatatnya secara otomatis didalam satuan persen. Pada higrometer digital termasuk ditampilkan hasil berasal dari pengukuran suhu.


3. Anemometer

Anemometer adalah alat pengukur cuaca yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin disuatu lokasi secara otomatis. Anemometer berbentuk protabel sehingga sanggup dibawa secara gampang dan hasilnya sanggup ditampilkan secara otomatis di display. Anemometer berbentuk batangan dan sanggup dipegang dengan satu tangan.


4. Barometer 

Barometer adalah alat pengukur cuaca yang digunakan untuk mengukur tekanan hawa disuatu area secara otomatis. Barometer memanfaatkan satuan milibar (mb). Barometer punya langkah kerja yaitu besar kecilnya tekanan hawa dihitung berdasarkan selisih berasal dari ke-2 jarum pada barometer.


5. Altimeter

Altimeter adalah alat pengukur cuaca yang digunakan untuk mengukur ketinggian berasal dari permukaan laut (dpl). Altimeter sanggup bekerja ganda yaitu mengukur ketinggian suatu area sekaligus tekanan hawa di area yang diukur. Selain berasal dari altimeter, ketinggian suatu daratan berasal dari permukaan laut sanggup dilihat berasal dari papan stasiun dimana angka ketinggian sanggup dilihat dibagian bawah papan stasiun (angka dengan tanda +/-).


6. Termometer

Termometer adalah alat pengukur cuaca yang digunakan untuk mengukur suhu. Termometer memanfaatkan satuan berbentuk Celcius dan Farenheit, kendati pada termometer digital terkandung satuan lain layaknya Kevin. Termometer memanfaatkan prinsip air raksa, jika suhu naik maka air raksa akan memuai dan jika suhu turun maka air raksa akan menyurut.


7. Ombrometer dan Pluviograf

Ombrometer adalah alat pengukur cuaca yang digunakan untuk mengukur tingkat curah hujan disuatu area dengan memanfaatkan satuan milimeter (mm). Air hujan yang tertampung didalam gelas ukur diukur oleh ombrometer dan sesudah itu akan dicatat dengan sebuah alat yang bernama Pluviogaf.


8. Stasiun Cuaca (Weather Station)

Weather station adalah alat yang digunakan untuk mengukur cuaca. Alat ini sanggup mengukur beraneka style pengukuran secara sejalan layaknya suhu, kelembaban, kecepatan dan arah angin, serta sanggup mengukur radiasi atau intensitas cahaya matahari. Saat ini, terkandung stasiun cuaca portabel sehingga proses instalasi lebih gampang dan sanggup digunakan ditempat yang berbeda. Selain itu, weather station sementara ini sanggup menampilkan knowledge secara segera (live data) dengan memanfaatkan aplikasi smartphone atau aplikasi web site dan knowledge ditampilkan didalam wujud grafik atau log.


 

Begitulah penjelasan perihal alat ukur cuaca, semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih telah datang ke web site kami.

Jika Anda tertarik kami menjual alat pengukur cuaca, Kami termasuk sanggup meng-instalasi alat Stasiun Cuaca dan memberi tambahan demo-penjelasan kegunaan yang lebih lengkap kepada Anda, jika berminat hubungi kami disini.

Kantor          : Jl. Radin Inten II No. 62, Duren Sawit Jakarta 13440
Email            : sales@alatuji.com
Phone           : 0816 1740 8925
Phone           : (021) 8690 6777
Fax                : (021) 8690 6770
Whatsapp     : 0812 8006 9024
Whatsapp     : 0812 9595 7914
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »